UNAIR   JOURNAL   EMAIL   ALUMNI   POSS   AKREDITASI   BLOG   EPAPER

Fakultas Kedokteran Gigi

Universitas Airlangga

.: [INFO] Diberitahukan kepada seluruh sivitas akademika Universitas Airlangga bahwa pada tanggal 4-5 Oktober 2014 akan dilakukan perbaikan panel genset. Hal ini akan menyebabkan data center down selama perbaikan tersebut dan segala aktivitas yang melibatkan koneksi internet akan terganggu. Demikian, atas perhatiannya terima kasih. | Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga menyediakan full akses jurnal kedokteran gigi di portal ejurnal, silahkan kunjungi website resmi http://fkg.unair.ac.id :.

Account Dosen

User :
Pass :

BERITA

CBT sebagai "Tools" Uji Kompetensi Dokter Gigi

Posted 09-05-2011 by humas

Profesi dokter gigi merupakan tugas mulia bagi kehidupan manusia dalam bidang kesehatan khususnya kesehatan gigi dan mulut. Karenanya seorang dokter gigi dalam menjalankan tugasnya dituntut untuk bersikap profesional. Untuk mencapai kompetensi tersebut, pendidikan dokter gigi yang merupakan pendidikan profesi harus didasari oleh keilmuan yang kokoh. Dengan demikian seorang dokter gigi akan mempunyai kompetensi akademik-profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi yang didasari oleh pendidikan akademik, sehingga setelah selesai pendidikannya akan memiliki kemampuan melaksanakan praktik sesuai dengan keahliannya, bersikap profesional, dengan selalu membekali dirinya dengan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Banyak institusi pendidikan yang telah memiliki inisiatif untuk meningkatkan kualitas ujian tertulis, beberapa diantaranya bahkan telah mulai mengaplikasikan Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Akan tetapi, metodologi non-standarisasi, tools penilaian dan standar nilai kelulusan yang berubah-ubah menghasilkan kualitas ujian yang bervariasi diantara institusi pendidikan. Proyek ini akan membantu Badan Uji Nasional untuk Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan dalam mengembangkan sistem Computer-Based Examination (CBE) untuk meningkatkan validitas, akurasi dan efisiensi dari ujian.

Penilaian kompetensi profesional kesehatan membutuhkan evaluasi keahlian profesional, dan selanjutnya pengetahuan. Pada konteks ini, proyek juga akan membantu penyusunan sistem Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Melalui proyek ini, Badan Uji Nasional untuk Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan akan mendirikan 12 pusat CBT dan OSCE diseluruh Indonesia, atau 2 pusat pada setiap 6 kelompok wilayah sekolah profesional kesehatan yang ada saat ini.

Meskipun pusat ini akan ditempatkan pada sekolah medis yang unggul, pusat ini tidak hanya digunakan untuk ujian medis saja, tetapi juga untuk ujian dokter gigi, perawat dan bidan. Intervensi pada sub-komponen ini akan meliputi : (i) pengembangan pedoman CBT dan OSCE (ii) mendirikan pusat CBT dan OSCE (iii) blueprinting melalui rangkaian workshop untuk menjamin validitas dan reabilitas (iv) workshop panel bagi para ahli untuk melaksanakan seleksi item sebagai tools penilaian akhir (v) menyusun standarisasi pasien untuk implementasi OSCE (vi) workshop untuk menentukan standar penetapan nilai kelulusan (vii) aktivitas untuk mengembangkan pengenalan internasional yang meliputi benchmarking, bantuan teknis internasional dan partisipasi dalam forum dan konferensi ilmiah internasional.

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, sebagai salah satu fakultas kedokteran gigi terkemuka akan turut menyiapkan fasilitas guna mendukung peningkatan kualitas lulusan" ujar Dekan (Prof. Coen Pramono). Penggunaan CBT di Kedokteran Gigi rencana akan dimulai serentak pada awal 2012, setelah melakukan uji coba pada bulan April 2011 di masing-masing Fakultas Kedokteran Gigi di Indonesia.