UNAIR   JOURNAL   EMAIL   ALUMNI   POSS   AKREDITASI   BLOG   EPAPER

Fakultas Kedokteran Gigi

Universitas Airlangga

.: Ujian Akhir Semester (UAS) Semester Genap 2013-2014 tanggal 30 Juni 2014 - 12 Juli 2014 | Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga menyediakan full akses jurnal kedokteran gigi di portal ejurnal, silahkan kunjungi website resmi http://fkg.unair.ac.id :.

Account Dosen

User :
Pass :

BERITA

Road Map Penelitian Mempermudah Arah Penelitian Dosen dan Mahasiswa di FKG UA

Posted 18-12-2012 by humas

Masyarakat selama ini menempatkan kesehatan gigi dan mulut bukan menjadi prioritas utama jika dibandingkan dengan kesehatan organ tubuh lainnya. Hal ini karena masyarakat masih menganggap bahwa penyakit yang muncul pada gigi dan mulut bukan penyakit yang berbahaya dan merenggut nyawa. Padahal, area gigi dan mulut yang tidak sehat dapat berakibat fatal bagi kesehatan karena di dalam gigi terdapat syaraf yang terhubung ke syaraf tubuh yang lain. Selain itu, gigi dan mulut yang tidak sehat akan mengganggu kenyamanan beraktivitas serta estetika penampilan wajah.

Disinilah letak fungsi dan peranan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG UA) untuk benar-benar menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Sivitas akademika FKG UA harus mampu memberikan edukasi kepada masyarakat awam tentang pentingnya merawat kesehatan gigi. Kordinator Tim Pengembang Penelitian dan Publikasi FKG UA, Prof.Dr. Diah Savitri Ernawati, drg.,Msi.,Sp.PM., mengemukakan bahwa jumlah penelitian di FKG UA dari tahun ke tahun semakin bertambah. “ Hingga tahun 2012 jumlah penelitian yang dilakukan para dosen sudah mencapai 100 judul. Jumlah ini semakin bertambah mengingat antusiasme dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian,” jelas Prof. Savitri.

“FKG UA telah mempunyai road map penelitian yang dapat menjadi pedoman bagi para dosen dan mahasiswa yang hendak melakukan penelitian. Di dalam road map penelitian tersebut terdapat peer group, antara lain tentang caries, oral cancer, periodontal, stem cell, dll. Dosen dan mahasiswa tinggal memilih peer group penelitian yang sesuai dengan minat mereka,” tambah Guru Besar Ilmu Penyakit Mulut ini.

warta-unair