FKG UNAIR Periksa Keadaan Gigi dan Mulut Masyarakat Bali

  • By Super User
  • In FKG News
  • Posted 10 March 2017
FKGUNAIR-Kegiatan Baksos Bali-696x442

Pengabdian terhadap masyarakat memang tak pandang jarak. Buktinya, para dokter gigi Departemen Periodonsia, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Airlangga telah melaksanakan acara bertajuk “Bakti Sosial Kesehatan Gigi Berbasis Penelitian di Desa Banjarangkan, Klungkung, Bali”. Kegiatan yang dilangsungkan pada Sabtu (25/2) tersebut juga melibatkan Ikatan Periodonsia Indonesia Komisariat Surabaya.

Humas FKG UNAIR Shafira Kurnia Supandi, drg., Sp.Perio (K) yang turut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan bakti sosial tersebut adalah untuk meningkatkan mutu dan cakupan status kesehatan gigi dan mulut agar optimal. Melalui kegiatan bakti sosial itu, masyarakat juga diharapkan mampu memelihara kesehatan gigi dan mulut secara mandiri.

“Kita harapkan, dengan adanya bakti sosial semacam ini, masyarakat secara mandiri bisa mengetahui kelainan-kelainan penyakit gigi dan mulut serta mampu mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya secara darurat,” tutur Shafira.

Dalam bakti sosial tersebut, masyarakat diajak untuk menyerap pengetahuan dengan rangkaian kegiatan seperti penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk ibu hamil, pelayanan kesehatan gigi sederhana, pembersihan karang gigi, serta cek gula darah dan tekanan darah.

Menurut Shafira, bakti sosial diikuti oleh pengajar dan 32 mahasiswa yang tengah menempuh Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis FKG UNAIR. Kegiatan ini menyasar seluruh warga desa setempat beserta ibu hamil. Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 200 orang.

Acara dibuka oleh ketua panitia Made Deby Artika, drg., MM., Ketua Departemen Periodonsia Dr. Chiquita Prahasanti, drg., Sp.Perio (K), dan Kepala Dinas Pemerintah Kabupaten Klungkung dr. Adi Swapatni.

“Kami berharap agar acara bakti sosial ini dapat menjadi acara rutin tahunan sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat dalam upaya menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tutur Shafira.

Penulis: Defrina Sukma S

 

Sumber : http://news.unair.ac.id/2017/03/08/fkg-unair-bali/

Hits 977
FaLang translation system by Faboba

Terpopuler