FKG Gemar Jalin Kerjasama dengan Universitas Asing Guna Capai Target

  • By Super User
  • In FKG News
  • Posted 24 Maret 2017

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airangga terbilang sering melakukan kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri. Setelah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Thammasat University, Thailand, pada (6/3) lalu, kali ini Rabu (14/3) FKG UNAIR menjalin kerjasama dengan Kagoshima University. Ada dua mahaiswa Kagoshima University yang akan menimba ilmu di FKG UNAIR.

Kedatangan dua mahasiswa Kagoshima University ke FKG tidak sendiri. Mereka didampingi oleh dua profesornya yakni Prof. Nakamura bidang bedah mulut dan Prof. Nisitani bidang konservasi.

“Dengan mekakukan berbagai kerjasama maka kita punya arah, dan tentunya kita juga memiliki kualitas penelitian yang jauh lebih baik apabila kita dipandu mereka. Dengan demikian kita akan cepat mencapai target Pak Rektor yakni publikasi internasional terindeks Scopus,” ungkap Dr. R. Darmawan Setijanto, drg.,M.kes.

Menariknya, dua guru besar tersebut tidak hanya sekadar mengantar para mahasiswa yang akan belajar di FKG. Lebih dari itu, Prof. Nakamura akan bergabung dalam kegiatan bakti sosial untuk bibir sumbing. Sementara Prof. Nisitani akan membantu FKG untuk membuat afiliasi riset agar riset framework FKG sesui dengan riset framework fakultas-fakultas di Jepang yang memiliki hubungan dengan FKG seperti Kagoshima, Hiroshima, Nigata, dan lainnya.

 

FKG Gemar Jalin Kerjasama dengan Universitas Asing Guna Capai Target

Dekan FKG UNAIR Dr. R. Darmawan Setijanto, drg.,M.kes. (kiri) bersama mahasiswa dan professor asal Kagoshima University.

 

“Student exchange kali ini bukan program yang berdiri sendiri karena nanti akan ada visiting professor dan lecturing. Tidak hanya student exchange, kita juga memiiki MoU staff exchange dan kolaborasi riset. Untuk staff exchange ini digunakan untuk para dosen melakukan penelitian yang tidak dapat dilakukan di sini,” tutur Dekan FKG itu.

Selama sepuluh hari ke depan, dua mahasiswa asal Faculty of Dentistry Kagoshima University itu akan mengikuti perkuliahan khusus di FKG. Nantinya, mereka akan diberikan mata kuliah yang sudah dipersiapkan dan disesuaikan dengan mata kuliah yang mereka pelajari di kampus asal.

Tidak hanya mengikuti perkuliahan, mereka juga akan diajarkan mengenai budaya serta diperkenalkan tentang kehidupan perkuliahan di FKG.

Sebelum kerjasama ini disepakati, antara FKG UNAIR dan FKG Universitas Kagoshima telah terjalin student exchange dalam dua tahun terakhir. (*)

Penulis: Pradita Desyanti
Editor: Binti Q. Masruroh

Hits 620

Terpopuler